Jumat, 10 Januari 2020

Instalasi Intensity Meter 144 Lokasi (Jabar-Banten-Bali)

Tahun 2019 akhir BMKG di Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu merapatkan jaringan intensity meter di wilayah Jawa Barat, Banten dan Bali dengan melakukan memasang sebanyak 144 lokasi yang dipasang di kantor-kantor Balaikota, Kecamatan, Kelurahan, Desa dan kantor BPBD. 
Intensity meter ini menambah rapat jaringan intensity meter dimana sebelumnya sudah memiliki 56 Intensity P-Alert, 200 Intensity Hibah Jepang (REIS) yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan demikian total Intensity meter yang dimiliki oleh Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu berjumlah 400 unit.
Harapannya data input akan semakin banyak sehingga informasi yang akan disampaikan ke masyarakat akan lebih cepat, tepat dan akurat.
Lokasi yang ditempatkan alat Intensitymeter juga dapat melihat langsung nilai percepatan tanah (MMI) apabila ada getaran yang diakibatkan oleh gempabumi yang akan ditampilkan di digitizer yang ditempelkan di tembok dekat sensor tersebut dipasang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi Intensity Meter 144 Lokasi (Jabar-Banten-Bali)

Tahun 2019 akhir BMKG di Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu merapatkan jaringan intensity meter di wilayah Jawa Bar...